Kamis, 01 Februari 2018

Apa Itu ICO Bagi Dunia Cryptocurrency

dobolcoin.blogspot.com

   Apa Itu ICO Bagi Dunia Cryptocurrency | Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah ICO di dunia cryptocurrency, sehingga menimbulkan rasa penasaran dan mungkin yang belum tahu sering bertanya-tanya sebenarnya apa sih ICO itu. Jujur saja saya juga belum lama ini mengenal istilah ICO di dunia crypto dan saya akan mencoba berbagi sedikit pengetahuan yang saya ketahui mengenai ICO.

Apa itu ICO ?
   Initial Coin Offering atau yang biasa di singkat dengan ICO adalah proyek penggalangan dana untuk membangun sebuah aplikasi yang berkaitan dengan teknologi blockhain, dan ini merupakan cara baru yang efektif bagi perusahaan baru (startup) untuk mendapatkan bantuan dana dari publik. Salah satu contoh kampanye ICO paling sukses dan berhasil melakukan ICO sehingga mempopulerkan penggunaan ICO di berbagai perusahaan saat ini adalah cryptocurrency ethereum, sedangkan coin yang pertama kali di rilis adalah Mastercoin atau OMNI pada tahun 2013.

   Bagi perusahaan baru(startup) yang akan hendak melaksanakan ICO maka perlu membuat sebuah dokumen  white paper, dan dalam white paper tersebut harus berisi informasi tentang :



  • Bertujuan untuk apa proyek tersebut di buat
  • Berapa banyak token yang di distribusikan untuk di tawarkan kepada investor
  • Berapa banyak dana yang di perlukan untuk merampungkan proyek tersebut
  • Latar belakang proyeknya bagaimana
  • Siapa yang mengerjakan proyek tersebut
  • Agenda proyeknya akan seperti apa
  • Waktu pelaksanaan ICO tersebut sampai kapan
dobolcoin.blogspot.com


Keuntungan dari ICO
   Keuntungan melakukan ICO bagi para developer adalah untuk mendapatkan dana bantuan guna mempercepat proyek pembangunan yang sedang mereka kerjakan dan mengembangkannya sehingga dapat di nikmati oleh banyak orang, sedangkan keuntungan bagi para investor sendiri adalah mendapatkan token dari perusahaan tersebut dengan harga yang lebih murah di banding harga token setelah di luncurkan ke pasar.

Kerugian dari ICO
   Di samping keuntungan pasti ada kerugiannya sebab ICO itu bersifat investasi jadi ada sejumlah uang yang di keluarkan dan di berikan kepada pihak perusahaan yang melakukan ICO dan bisa saja uang tersebut tidak di gunakan sesuai perjanjian lalu di bawa kabur tanpa adanya keterangan yang jelas(SCAM).

Hubungan IPO dan ICO
   IPO(Initial Public Offering) adalah sebuah investasi kepada perusahaan seperti Facebook atau Google dan nantinya investornya akan mendapatkan sekian persen saham dari dana yang di investasikan, dan IPO sendiri saat hendak mengumpulkan dana harus melalui banyak regulasi seperti institusi keungan, institusi pemerintahan, izin-izin dan ini pun belum sepenuhnya bisa diterima nantinya. Berbeda dengan ICO yang lebih simple tanpa melalui regulasi yang sulit seperti IPO, dan enaknya tidak ada batasan minimal dana untuk berinvestasi di ICO.
   Sekian dulu coretan dari saya tentang apa itu ICO bagi dunia cryptocurrency, apabila ada kata yang kurang di mengerti atau salah dalam penulisan silakan berikan kritik dan saran pada kolom komentar supaya saya bisa memperbaikinya. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya yang berantakan ini sampai ketemu lagi di artikel saya selanjutnya...salam sukses !


EmoticonEmoticon